EU Map in jigsaw puzzle with the UK flag taken out

Apakah Brexit Alasan ETIAS? Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pengabaian Visa Baru UE • Globetrotters Kami

Anda mungkin pernah melihat berita utama yang mengumumkan bahwa ETIAS, skema pengabaian visa baru UE yang mengharuskan turis Inggris membayar sedikit biaya sebelum mengunjungi Eropa adalah “hukuman” untuk Brexit.

Meskipun kedengarannya seperti cerita yang cukup sensasional, apakah klaim ini bertahan?

Kami akan melihat klaim ini untuk melihat apakah itu benar atau tidak. Kami juga akan menjelaskan apa itu ETIAS dan mengapa ETIAS diperkenalkan serta menguraikan persyaratan visa UE untuk warga negara Inggris sebelum diluncurkan pada 2022.

Apakah ETIAS Hasil dari Brexit?

Sederhananya tidak, ETIAS bukan akibat langsung dari Brexit. Sebaliknya, ini adalah otorisasi perjalanan baru yang dirancang untuk menyaring penumpang sebelum mereka tiba di negara Schengen.

Sementara ETIAS diusulkan di Parlemen Eropa tak lama setelah referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2016, diusulkan sebagai bagian dari rencana untuk meningkatkan keamanan perbatasan.

Mantan Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker, mengatakan pada saat itu: “Kita perlu tahu siapa yang melintasi perbatasan kita. Pada November (2016), kami akan mengusulkan sistem otomatis untuk menentukan siapa yang akan diizinkan bepergian ke Eropa. Dengan cara ini kita akan tahu siapa yang bepergian ke Eropa bahkan sebelum mereka sampai di sini.”

Inggris sendiri secara luas mendukung proposal semacam itu sebelum berkomitmen untuk meninggalkan UE. Menurut Guardian David Cameron, Perdana Menteri saat itu, dan Menteri Dalam Negeri saat itu (dan kemudian Perdana Menteri) Theresa May telah menyuarakan dukungan mereka untuk ETIAS beberapa bulan sebelum referendum.

Mengapa ETIAS Dibuat?

ETIAS, atau Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa untuk memberikan nama lengkapnya, adalah inisiatif baru yang dirancang untuk melindungi perbatasan Wilayah Schengen. Zona ini mencakup sebagian besar daratan Eropa memungkinkan orang di satu negara untuk mengunjungi negara Schengen lain tanpa pemeriksaan perbatasan.

Tentu saja, keamanan dan integritas perbatasan sangat penting bagi anggota Wilayah Schengen. Oleh karena itu, ETIAS diusulkan untuk memodernisasi dan meningkatkan dua fitur zona bebas paspor ini.

Apakah ETIAS Jenis Visa Baru?

Tidak, ETIAS jelas BUKAN visa. Ini adalah pengabaian visa, otorisasi perjalanan elektronik yang digunakan untuk mengonfirmasi identitas penumpang sebelum mereka memasuki UE. Hal ini memungkinkan penumpang untuk memasuki area Schengen dengan cepat dan aman.

Siapa yang Membutuhkan Pengabaian Visa ETIAS?

Pengunjung ke Area Schengen UE dari 60 negara bebas visa akan memerlukan pengabaian visa ETIAS ketika menjadi wajib pada tahun 2023.

NS Inggris adalah salah satu negara yang akan menerapkannya. Ini juga akan mempengaruhi warga negara asing dengan Kanada, Australia, Jepang dan paspor AS.

Kredit Gambar Sinonimas melalui Getty Images/Canva

Apakah Saya Perlu Pergi ke Kedutaan untuk Mendapatkan Pengabaian Visa ETIAS?

Tidak, mendapatkan pengabaian visa ETIAS dapat dilakukan di rumah secara online. Untuk mendapatkan otorisasi elektronik, Anda hanya perlu mengisi formulir aplikasi online.

Setelah Anda menyelesaikan aplikasi dan disetujui, Anda akan dikirimi konfirmasi pengabaian visa Anda melalui email. Ini diperkirakan hanya memakan waktu beberapa jam, meskipun Anda disarankan untuk mendaftar tidak kurang dari 72 jam sebelum perjalanan untuk berjaga-jaga jika ada masalah dengan aplikasi Anda.

Sejak saat itu, otorisasi ETIAS akan terhubung secara elektronik ke paspor Anda. Anda juga dapat mencetak konfirmasi email sebagai bukti tambahan saat Anda bepergian.

Apakah Saya Membutuhkan Uang untuk Mendapatkan Otorisasi ETIAS?

Ya, sama seperti pengabaian visa elektronik lainnya seperti ESTA AS, eTA Kanada, atau ETA Australia untuk warga negara Inggris, Anda harus membayar sedikit biaya untuk mendapatkan otorisasi ETIAS.

Namun, setelah disetujui, ETIAS dapat digunakan untuk beberapa perjalanan selama masa berlakunya selama 3 tahun.

Anda hanya memerlukan pengabaian visa ETIAS baru jika paspor Anda kedaluwarsa atau harus diganti dan ketika otorisasi ETIAS mencapai tanggal kedaluwarsanya sendiri. Selama masa berlakunya, Anda dapat menggunakannya untuk bepergian di sekitar Area Schengen hingga 90 hari sekaligus dalam periode 6 bulan.

Apakah Warga Negara Inggris Membutuhkan Visa untuk Pergi ke UE atau Negara Schengen?

Anda akan senang mengetahui bahwa untuk perjalanan wisata dan kunjungan jangka pendek untuk bisnis atau pendidikan, Anda tidak memerlukan visa untuk memasuki UE atau negara Schengen. Namun, sejak Inggris keluar dari UE, ada beberapa skenario di mana warga negara Inggris akan membutuhkan visa.

Misalnya, perlu mendapatkan visa Schengen untuk tinggal (untuk jangka waktu lebih dari 3 bulan setiap kali) di negara-negara UE. Anda juga memerlukan izin kerja yang sah dari pemerintah nasional negara tempat Anda akan tinggal jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di salah satu negara Schengen.

Seperti yang Anda lihat, ETIAS akan membawa beberapa perubahan kecil dalam cara orang bepergian ke UE. Namun, jangan percaya hype bahwa Brexit menyebabkan penciptaannya. Ini adalah proyek skala yang jauh lebih luas yang mempengaruhi lebih banyak negara daripada hanya Inggris dan terutama didorong oleh tujuan menciptakan keamanan yang lebih baik untuk blok internasional.

Pelajari lebih lanjut tentang mengunjungi Eropa bersama anak-anak

Bermanfaat? Simpan ini ke Pinterest untuk nanti

Kredit gambar unggulan DDurich melalui Getty Images/Canva

Suka itu? Bagikan ini!