child being shown a picture of the globe

Cara mengajar dan berkeliling dunia bersama anak-anak • Globetrotters kami

Ada kesalahpahaman umum bahwa hanya pencari petualangan muda yang baru lulus kuliah yang bisa mengajar di luar negeri. Dan meskipun sejumlah besar guru TEFL (mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing) baru lulus, tidak ada kata terlambat untuk mengajar di luar negeri dan menjelajahi dunia.

Ada beragam komunitas ekspatriat di seluruh dunia, dan dengan kualifikasi pengajaran yang benar, Anda juga dapat menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Bahkan jika Anda memiliki anak dan keluarga, Anda dapat pindah ke luar negeri. Meskipun bepergian dengan anak-anak mungkin tampak menakutkan, terutama jika Anda berencana untuk pergi ke luar negeri dalam jangka panjang, ada begitu banyak manfaat dari bepergian bersama keluarga.

Posting ini adalah bagian dari seri kehidupan ekspatriat kami – datang dan baca semuanya mulai dari wawancara pengasuhan global kami hingga mengelola uang Anda sebagai ekspatriat


Ada sejumlah keuntungan bepergian dengan anak-anak Anda, terutama dalam hal pendidikan mereka. Pertama, bepergian pada usia berapa pun dapat meningkatkan perkembangan anak, khususnya perkembangan bahasa. Membenamkan diri dan keluarga Anda dalam budaya lain kemungkinan besar berarti Anda akan dikelilingi oleh bahasa asing.

Karena otak mereka berkembang, anak-anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi linguistik baru jauh lebih cepat daripada orang dewasa. Anak-anak Anda mungkin akan segera menjadi bilingual dan harus menerjemahkan bahasa asing untuk Anda!

Selain keterampilan penguasaan bahasa, bepergian ke luar negeri memberi anak-anak kesempatan untuk mengalami keragaman budaya sejak usia muda.

Anak-anak yang tinggal di luar negeri dan dihadapkan pada cara hidup yang berbeda kemungkinan akan tumbuh menjadi lebih fleksibel dan mudah beradaptasi. Mereka juga akan memiliki pemahaman dan penerimaan yang lebih besar terhadap perbedaan budaya. Singkatnya, anak Anda akan memiliki kesempatan untuk menjadi warga dunia sejak usia muda.

Terakhir, bepergian bersama keluarga akan membantu membangun kenangan jangka panjang dan ikatan keluarga yang kuat. Anda dapat menciptakan tradisi baru di luar negeri, dan Anda dapat menghabiskan liburan dengan menjelajah.

Ingin menyelam scuba di Filipina untuk Natal dan berbaring di pantai Thailand untuk Tahun Baru? Mengajar di luar negeri memungkinkan Anda dan keluarga melakukan hal itu! Teruslah membaca untuk mempelajari bagaimana Anda dapat mengajar dan berkeliling dunia – bahkan jika Anda memiliki anak.

1. Persiapkan dirimu

Periksa kualifikasi Anda

Langkah pertama untuk membawa keluarga Anda ke luar negeri adalah memastikan Anda memenuhi syarat untuk mengajar bahasa Inggris. Anda mungkin akan dapat menemukan pekerjaan sebagai penutur bahasa Inggris yang fasih hanya dengan gelar sarjana. Namun, karena pasar guru menjadi lebih kompetitif, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi TEFL Anda. Disertifikasi untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing akan membantu resume Anda menonjol dan memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda memiliki transisi yang nyaman di luar negeri.

Sangat mudah untuk mendapatkan sertifikasi online. Ada berbagai kursus yang tersedia, sehingga Anda dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan jadwal dan anggaran Anda saat ini. Anda akan menemukan sejumlah program kursus terakreditasi dari penyedia TEFL tepercaya yang menawarkan berbagai macam kursus sertifikasi internasional di seluruh dunia.

Mencari pekerjaan!

Setelah Anda mendapatkan sertifikasi untuk mengajar di luar negeri, inilah saatnya untuk mulai melamar pekerjaan. Anda dapat memilih untuk menjadi freelancer dan mengajar bahasa Inggris secara online, atau Anda dapat mendaftar untuk mengajar melalui lembaga yang sudah mapan.

Meskipun mengajar online itu nyaman dan fleksibel, mungkin akan sedikit lebih sulit dilakukan karena Anda mendukung keluarga Anda. Namun, jika Anda siap menghadapi tantangan, periksa perusahaan terkenal seperti VIPkid dan iTalki.

Sertifikasi TEFL Anda akan membantu Anda mendapatkan wawancara, dan setelah lulus demo mengajar, Anda bahkan dapat mulai bekerja sebelum pergi ke luar negeri. Sebagai guru online, Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan penghasilan mulai dari $12USD (£9,25) hingga $24USD (£18,50) per jam, tergantung pada siapa Anda bekerja dan seberapa sering Anda menjadwalkan kelas Anda.

Pilihan lainnya adalah mengajar di sekolah atau pusat pembelajaran bahasa yang sudah mapan. Jika Anda memilih rute ini, majikan baru Anda tidak hanya akan membantu Anda dan keluarga Anda dengan proses visa, tetapi mereka kemungkinan besar akan membantu Anda menemukan apartemen di rumah baru Anda.

Tempat mengajar di luar negeri

Di mana Anda memilih untuk mengajar tergantung pada apa tujuan Anda di luar negeri. Jika Anda ingin menghemat uang sebanyak mungkin saat tinggal di luar negeri, cobalah mencari pekerjaan di negara-negara Asia Timur, seperti Korea Selatan atau Jepang.

Hotspot untuk guru TEFL ini memiliki gaji yang kompetitif dan menawarkan sejumlah keuntungan besar. Anda dapat mencari pekerjaan di pekerjaan sekolah umum melalui program pemerintah, seperti program JET Jepang. Ada juga banyak lowongan kerja di luar sana jika Anda ingin bekerja di akademi swasta, seperti situs yang berbasis di Korea Selatan ini.

Jika Anda lebih tertarik untuk bepergian sesering mungkin saat Anda dan keluarga berada di luar negeri, maka Eropa adalah tempat yang tepat untuk Anda. Sebagian besar negara Eropa mempekerjakan guru TEFL melalui program sekolah umum yang didanai pemerintah. Jadi, Anda dapat mengajar di lingkungan sekolah tradisional selama seminggu, dan naik kereta untuk menjelajahi negara lain bersama keluarga Anda di akhir pekan.

2. Persiapkan anak-anak Anda

Sebelum memulai petualangan besar Anda, penting bagi Anda untuk memberi tahu anak-anak Anda tentang beberapa hal sebelumnya, seperti kejutan budaya, perbedaan bahasa, dan perilaku berbeda yang dapat diterima secara budaya di luar negeri.

Yang terpenting, Anda perlu memutuskan apakah Anda berencana untuk melanjutkan sekolah mereka, atau jika Anda lebih suka anak-anak Anda mengambil jeda tahun dan hanya menikmati perjalanan mereka.

Tergantung pada pekerjaan Anda, Anda mungkin dapat mendaftarkan anak-anak Anda di sekolah tempat Anda bekerja dengan harga diskon. Selain sekolah imersi bahasa Inggris, kurikulum akan menggunakan bahasa kedua.

Mungkin ada sekolah swasta internasional yang mengajar dalam bahasa Inggris, atau Anda juga dapat memilih untuk menyekolahkan anak-anak Anda di rumah agar mereka dapat mengikuti perkembangan teman sebayanya.

Anak yang bekerja di depan komputer dengan headphone
Pertimbangkan bagaimana anak-anak Anda sendiri akan melanjutkan sekolah mereka selama satu tahun di luar negeri

Orang tua yang memilih homeschooling anak-anak mereka perlu berkoordinasi dengan guru terlebih dahulu. Jelaskan bahwa Anda akan pergi ke luar negeri, dan mintalah materi yang akan dibahas selama Anda pergi. Meskipun guru sering mengimprovisasi pelajaran, setiap tingkat kelas membutuhkan materi yang harus dipelajari sepanjang tahun.

Anda mungkin menerima paket kurikulum yang memenuhi standar pendidikan negara bagian Anda, atau Anda mungkin harus membuat pelajaran Anda sendiri di sekitar setiap unit. Either way, ada banyak sumber daya online di antara komunitas homeschooling untuk membantu Anda di sepanjang jalan. Anda dapat memeriksa di sini untuk memastikan bahwa Anda memahami undang-undang homeschooling negara bagian Anda jika Anda berasal dari AS.

Setelah Anda mulai bekerja dengan anak-anak Anda, tetapkan rutinitas sekolah dan patuhi itu. Yang terbaik adalah jika anak-anak Anda belajar pada waktu yang sama setiap hari untuk mempertahankan jadwal belajar yang teratur dan tetap mengikuti perkembangan teman sekelas mereka di rumah.

Mulai Membuat Kenangan

Setelah Anda dan anak-anak Anda siap untuk pindah ke luar negeri, saatnya untuk lepas landas dan memulai perjalanan. Meskipun akan menantang, mengajar di luar negeri bersama keluarga adalah pengalaman yang luar biasa. Kisah perjalanan dan kenangan Anda akan bertahan seumur hidup.

Anda mungkin juga suka membaca:


Apakah ini membantu? Tandai halaman ini atau simpan ke Pinterest untuk nanti

Close up of the globe of the world caption Mengajar di Luar Negeri bersama Keluarga

Pengungkapan: Halaman ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memberi kami komisi tanpa biaya tambahan kepada Anda. Anda dapat membaca kebijakan pengungkapan penuh kami di sini.

© Globetrotters kami | Gambar Fitur CanvaPro

Suka itu? Bagikan ini!