Hot air ballons over river with kayaks Laos

Petualangan Luar Ruangan di Laos untuk Wisatawan • Globetrotters Kami

Laos adalah salah satu tujuan terbaik di Asia Tenggara untuk petualangan luar ruangan dan olahraga. Sebagian besar negara ini bergunung-gunung dan medan yang beragam termasuk hutan lebat, lembah yang subur, sistem gua yang luas, sungai yang berkelok-kelok, dan puncak yang menjulang tinggi.

Ini pemandangan yang menakjubkan menyediakan pengunjung dengan jumlah kegiatan yang luar biasa untuk dinikmati. Beberapa penjelajah yang lebih berpengalaman memilih untuk melakukan trekking solo atau dalam kelompok kecil tetapi ada banyak perusahaan perjalanan yang menawarkan kegiatan luar ruangan yang murah dan terorganisir.

Berikut adalah beberapa di antaranya kegiatan luar ruangan terbaik di Laos yang memungkinkan Anda untuk mengalami sisi liar negara itu. Beberapa dari mereka membutuhkan tingkat kebugaran tertentu tetapi ada juga pasangan yang semua orang bisa melakukannya.

Jika kamu merencanakan perjalanan ke Laos, pastikan Anda mengajukan permohonan visa Anda sebelum Anda berangkat. Aplikasi eVisa Laos hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk diselesaikan. Jika Anda akan melakukan kegiatan di luar ruangan juga penting untuk memastikan Anda memiliki vaksinasi yang diperlukan untuk perjalanan ke Laos.

Trekking

Trekking adalah aktivitas luar ruangan paling populer di Laos dan dengan cepat menjadi bisnis utama rute baru terus bermunculan di seluruh negeri. Ada jejak berbagai kesulitan dan panjang tergantung pada apa yang Anda cari. Biasanya jejak terakhir antara 1 dan 5 hari meskipun beberapa dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Jauh di utara negara itu adalah wilayah paling populer untuk pergi trekking. Ada gunung, bukit, hutan, dan desa adat. Fasilitas wisata sangat baik, dan ada banyak biaya rendah, paket ramah lingkungan yang dapat didaftarkan oleh wisatawan.

Jika Anda tertarik mengunjungi suku bukit, kota-kota terbaik untuk dikunjungi adalah Luang Namtha, Muang Sing, Luang Prabang dan Vang Vieng, di mana Anda dapat melakukan perjalanan sehari dan bahkan menginap di desa. Trekker yang menginginkan pengalaman yang lebih mandiri dapat temukan pemandu lokal di Muang Long, Xieng Kok, Houayxai, Vieng Phoukha, Muang Khoua dan Nong Khiaw.

Trekking adalah aktivitas yang aman tetapi pengunjung harus mengikuti rekomendasi kesehatan dasar untuk Laos untuk meminimalkan risiko masalah.

Gua dan Panjat Tebing

Pemandangan batu kapur yang epik menjadikan Laos tujuan utama untuk gua dan panjat tebing. Beberapa area terbaik untuk dinikmati gua dan tebing yang megah adalah Vang Vieng, Kasi, Thakhet dan Vieng Xai.

Ada jalur yang jelas dan mudah diikuti yang dapat dikelola oleh kebanyakan orang, serta lebih serius ekspedisi spelunking yang dapat Anda ikuti (Anda memerlukan izin dan panduan lokal untuk melakukan ini).

Panjat tebing cukup baru di Laos yang sangat bagus untuk mencari penjelajah rute yang kurang dikenal. Ada puncak yang tidak disebutkan namanya, bebatuan yang belum didaki, dan petualangan baru yang bisa didapat.

Pengunjung yang menyukai bouldering harus memeriksa Beranda Pendaki Hijau di Thakhek (Provinsi Khammouane) yang menawarkan 272 kursus panjat tebing dan bouldering.

Limestone Peaks Lookout, Thakek // Kredit gambar julianpetersphotography via Getty Images/Canva

Bersepeda gunung

Area pemandangan liar yang luas, jalan yang tidak beraspal, beberapa mobil mungkin tidak ideal untuk bersepeda di jalan raya, tetapi ini adalah tujuan luar biasa untuk bersepeda gunung. Ini telah menjadi salah satu lokasi paling populer di Asia bagi pengendara sepeda gunung serius yang membawa sepeda dan perlengkapannya sendiri.

Rute 13 merupakan jalur yang paling populer. Dari Luang Prabang ke Vientiane dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan termasuk Dataran Vientiane. Namun, pengendara sepeda motor yang kurang berpengalaman harus tahu itu sangat bergunung-gunung dan menantang. Ada beberapa rute yang lebih mudah dan sama indahnya di provinsi Houaphan dan Xieng Khuang.

Pengendara sepeda gunung harus hati-hati merencanakan rute mereka seperti itu mudah diremehkan jarak dan kesulitan. Salah satu alternatifnya adalah mengikuti tur terorganisir yang menghilangkan risiko ini.

Kayak

Laos memiliki beberapa sungai yang spektakuler yang dapat dinikmati pengunjung dengan berbagai cara. Banyak turis hanya suka melakukan perjalanan dengan perahu sementara yang lain lebih suka terburu-buru menuruni jeram.

Kayak di Laos sangat populer dan ada banyak pilihan bagi pengunjung. Ada wisata sehari untuk pemula dan juga tur berkecepatan tinggi dengan tingkat kesulitan tinggi bagi mereka yang mencari penawar adrenalin.

NS lokasi terbaik untuk kayak adalah Luang Prabang, Vientiane, Vang Vieng, dan Luang Namtha. NS Khammouane Limestone NBCA adalah salah satu tempat terbaik karena menawarkan terowongan alami sepanjang 7 km yang melintasi jantung gunung.

Kayak di Laos // Kredit Gambar Anorak_Studio via Getty Images/Canva

Tabung Sungai

River tubing diperoleh reputasi terkenal setelah serangkaian kematian terkait alkohol tetapi jumlahnya berkurang selama beberapa tahun terakhir. Namun, masih ada orang yang mabuk di bar tepi sungai di sepanjang jalan. Cari tahu lebih lanjut apakah Laos aman untuk turis.

Tabung sungai itu sendiri adalah aman, menyenangkan, dan santai. Itu hanya melibatkan berbaring di atas cincin karet dan mengambang di sungai (biasanya Lagu Nam). Masalah datang ketika orang mulai berayun di ayunan tali yang berbahaya dan melompat dari batu ke perairan dangkal setelah beberapa minuman.

Jika Anda ingin perjalanan lebih santai yang terbaik adalah pergi di pagi hari karena ada lebih sedikit orang. Jika Anda sedang mencari suasana pesta, pergi di sore atau sore hari.

Terinspirasi perjalanan ke Laos? Simpan ini ke Pinterest untuk Nanti

laos di luar ruangan

Menampilkan gambar melalui CanvaPro

Suka itu? Bagikan ini!